FATIMAH TELADAN WANITA UMAT ISLAM


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Fatimah Uswah Islam sosok wanita teladan, dilahrikan di Makkah pd 20 Jumadil Akhir, 18 tahun sblm Nabi Muhammad SAW hijrah atau di tahun ke lima kerasulannya. Dia adalah putri bungsu Nabi Muhammad SAW setelah Zainab, Ruqayah dan Ummu Kaltsum. Saudara laki-lakinya yang tertua adalah Qasim dan Abdullah, meninggal dunia saat usia muda.

Setahun stelah hijrah, Fatimah dinikahkan dg Ali bin Abi Thalib. Banyak yg ingin menikahinya waktu itu, beliau adalah wanita rupawan, cantik jelita n terhormat, puteri Rasulullah SAW lagi. pernah hendak dilamar oleh Abu Bakar dan Umar, keduanya sahabat Nabi Muhammad SAW, namun ditolak dgn halus oleh Rasulullah SAW.

Sementara itu, Ali bin Abi Thalib tidak berani melamar Fatimah karena kemiskinannya. Namun, Nabi Muhammad SAW mendorongnya dg memberi bantuan sekedarnya utk persiapan rmh tangga mrk. Mas kawinnya sbesar 500 dirham (setara dg 10 gr emas), sebagian diperolehnya dengan menjual baju besinya.

Nabi Muhammad SAW memilih Ali sbagai suami Fatimah krn ia anggota keluarga yg sangat arif dan terpelajar, di samping merupakan orang pertama yg memeluk islam.

Ketika sudah menjadi istri Ali bin Abi Thalib, Fatimah Az-Zahra hidup sederhana bahkan sering kekurangan. Bbrp kali beliau hrs menggadaikan barang keperluan rumah tangga, bahkan hingga kerudung beliau jg ikut terjual hanya utk memperoleh makanan.

Namun, mereka tetap bahagia dan lestari sebagai suami istri hingga akhir hayat. Semasa hidupnya, Fatimah Az-Zahra dapat saja hidup dgn mudah bahkan dgn harta melimpah krna beliau adalah puteri Nabi Muhammad SAW.

Namun hal itu tidak beliau lakukan. Beliau memilih hidup sederhana daripada bergelimang harta dunia meskipun beliau termasuk dalam golongan yang mampu. Beliau melakukan itu semua demi menghindari sifat mendewakan dunia.

Dalam sebuah hadits ada yang meriwayatkan bahwa Fatimah Azzahrah adalah bagian dari Rasulullah SAW, dari itu siapa saja yang menyakitinya berarti dia telah menyakiti juga Rasulullah SAW.Begitu juga sebaliknya, bagi siapa saja yang membuatnya gembira, maka ia telah membahagiakan Rasululah SAW. Begitu sangat sayangnya Rasulullah SAW kepada puterinya yg satu ini.

Fatimah Azzahrah dikenal sbagai seorang wanita teladan, fasih dan pintar. Ia banyak sekali meriwayatkan hadits dari ayahnya kepada putranya Hasan dan Husein. Mungkin ini merupakan salah satu alasan kenapa Rasululah SAW menyayangi Fatimah Azzahrah, krena di kemudian hari Fatimah Azzahrah telah banyak membantu umat islam dalam hal hadits yang shahih.

Bukan saja hanya menularkan haditsnya kepada anak-anaknya, namun Fatimah Azzahrah ini juga banyak memberikan hadits dan disampaikan kepada suaminya, Aisyah, Ummu Salamah, Salma Ummu Rafi' dan Anas bin Malik.

Beliaulah salah satu wanita teladan umat islam karena beliau yang paling dekat dan paling lama bersama Nabi Muhammad SAW. Di kalangan penganut Syiah, beliau dan Ali bin Abi Thalib dianggap sebagai ahlul Bait (pewaris kepemimpinan) Nabi Muhammad SAW. Wallahu'alaam.

0 Response to "FATIMAH TELADAN WANITA UMAT ISLAM"

Post a Comment